Beranda Umum
Follow

Bicara di Depan Pengurus Partai se Bulukumba, Anis Kurniawan: Perlu ada Keteladanan Elit Politik

0

BULUKUMBA, Polhukam.id – Keteladanan harus dimulai dari elit politik alias politisi. Demikian juga dengan pendidikan politik yang sejatinya dijalankan oleh partai politik.

Hal itu dijelaskan penulis dan peneliti  bidang politik di Perkumpulan Katalis, Anis Kurniawan, saat menjadi narasumber dalam diskusi politik di Bulukumba, Rabu (10/7/2019).

Forum diskusi yang digelar Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Bulukumba dihadiri pengurus partai se Bulukumba. Hadir pula Ketua KPU Bulukumba dan anggota Bawaslu Bulukumba.

Menurut Anis, keteladanan elit politik sangat penting untuk mendinginkan suasana jelang Pemilukada 2020. “Politik identitas tidak perlu dikhawatirkan untuk konteks daerah yang pemilihnya tidak terpolarisasi seperti di Bulumba,” kata Anis.

Di samping itu, kandidasi politik yang plural dapat mencegah friksi politik. Anis berharap, saluran partai politik bisa dimanfaatkan banyak kandidat. Bila perlu, kata Anis, perlu mendorong figur alternatif yang belum pernah ikut berkontestasi di Pilkada sebelumnya.

“Di samping itu, perlu ada kelompok menengah yang dalam posisi netral dalam sebuah kontestasi. Harapannya yah pada anak-anak muda. Jadi tidak perlu semuanya terkontaminasi dalam politik,” kata Anis.

No ratings yet.

Please rate this

Baca Juga:  Awas! Kenakalan Kelamin Diatur dalam RUU KUHP