Beranda Umum
Follow

Cegah Pernikahan Dini, Ini yang Dilakukan Pemkot Makassar

0

MAKASSAR, Polhukam.id – Maraknya pernikahan dibawah usia atau pernikahan dini yang belakang ini banyak terjadi menjadi perhatian khusus bagi Forum Anak Makassar.

Mengambil langkah awal terhadap kasus tersebut, Forum Anak Makassar mengampanyekan bahaya pernikahan anak dengan harapan pernikahan anak tidak terjadi lagi. Kampanye ini digelar di Monumen Mandala Makassar.

Menurut Kepala Bidang Pemenuhan Hak dan Perlindungan Anak DPPA Kota Makassar, Achi Soleman, Forum Anak Makassar ini menjadi pelopor pencegahan pernikahan anak. Selain itu ia juga diminta menjadi pelapor jika menemukan kasus pernikahan anak di Makassar.

“Forum anak di Makassar ini pelopor dan pelapor. Pelopor sesama anak tidak melakukan pernikahan anak pada usia anak,” kata Achi, saat dikonfirmasi Polhukam.id, Kamis (6/12/2018).

Pernikahan anak ini dinilai sebagai salah satu pemicu sirnanya masa depan anak mulai dari pendidikan hingga kondisi kesehatan anak itu sendiri, olehnya itu menurut Achi pernikahan anak tidak boleh terjadi di Makassar.

“Karena dengan menikah diusia anak masa depan bisa sirna tidak capai pendidikan karena pasti terhenti, resiko kesehatan juga bisa lebih besar,” jelasnya.

Ia pun berharap anak di Makassar bukan diberi buku nikah melainkan ijasah untuk pendidikan dan masa depan mereka.

“Berikan kami ijasah bukan buku nikah. Makanya forum anak Makassar menjadi fasilitator sebayanya kepada mereka,” tutupnya.

Reporter : Irawati Syahrul

No ratings yet.

Please rate this

Baca Juga:  Puluhan Ribu E-KTP Akan Dimusnahkan Besok