Beranda Umum
Follow

Gang Kondom Kini Ramai Dikunjungi Orang

0

Polhukam.id – Nama gang di Dusun Sumberwinong, Banjardowo, Jombang, Jawa Timur, itu memang tengah viral. Gang itu kini didatangi banyak orang. Banyak di antara mereka berswafoto di bawah plang.

“Kata mereka nama gangnya unik,” kata Tulus, warga setempat, dikutip Liputan6.com dari Jawapos.com, Rabu (14/8/2019).

Nama Gang Kondom digunakan setelah pelaksanaan program Kampung Keluarga Berencana yang dilakukan Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak (DPPKBPPPA) Kabupaten Jombang.

“Dulu nama Gang Kondom ini diresmikan Pak Camat. Tapi, sayangnya pakai nama kondom, orang yang tidak mengerti pasti menilai nama ini jorok,” kata Parti, salah seorang warga.

Sebelum polemik penamaan gang muncul, pegiat budaya Jombang, Dian Sukarno, telah mengajukan protes. Dia menolak penamaan Gang Kondom karena menganggapnya kurang tepat.

“Pilihan kata kondom bagi kami memiliki makna negatif jika digunakan sebagai nama sebuah tempat. Apalagi kalau yang bermukim ada anak di bawah umur,” kata Dian.

Selain perkara etik, disematkannya kata kondom, kata Dian, juga kurang tepat menurut aspek budaya. Sebab, Desa Banjardowo masih berkaitan dengan kisah sejarah kerajaan Majapahit.

Baca Juga:  Solusi Masalah Keuangan Bangsa Selalu Minta Bantu ke China, Luhut Pejabat Indonesia atau China?

Kepala DPPKBPPPA Kabupaten Jombang, Nur Kamalia, menjelaskan, pemilihan nama ‘Gang Kondom’ dilakukan sendiri oleh masyarakat setempat.

Meski begitu, dia tak menampik munculnya polemik penamaan ini. Nur bahkan mempertimbangkan masukan dan merumuskan nama baru untuk gang itu.

“Dalam program Kampung KB, ada kegiatan yang namanya rembung warga. Dari kegiatan itu, masyarakat yang menentukan sendiri nama untuk jalan permukiman. Jadi pemberian nama itu bukan kami atau provinsi, tapi masyarakat sendiri,” kata Nur.

No ratings yet.

Please rate this