Beranda Hukum & Keamanan
Follow

Money Politics! Tim Sukses dari Tiga Caleg dengan Partai Berbeda Diamankan Panwascam

0

PINRANG, Polhukam.id – Tim sukses calon legislatif diamankan Panwascam Patampanua karena diduga membagikan uang atau money politics ke masyarakat, agar memilih calegnya 17 April nanti.

Kedua tim itu masing masing Supirman dan Solihin yang diduga tim sukses Andi Pallawagau calon legislatif Partai Kebangkitan Bangsa, Syamsuddin alias Camae, diduga tim Caleg Partai Demokrat Risda, dan Nima diduga tim sukses dari Tony DC caleg Partai Hanura.

Tim caleg tersebut diamankan di Desa Malimpung kecamatan Patampanua sekitar pukul 22.00 Wita.

Kapolsek Patampanua kabupaten Pinrang AKP Muh Idris mengatakan, kejadian itu ditangani oleh Panwascam. Kita hanya mengamankan, agar massa tidak berbuat yang tidak diinginkan, kata Kapolsek Patampanua, Kabupaten Pinrang AKP Muh Idrisdia, Senin  (15/4/2019).

Dari informasi yang berkembang, Supirman tim sukses caleg itu diduga membagikan uang kepada La Siba sebesar Rp.200.000 agar mencoblos caleg PKB tersebut.

Setelah menerima uang itu, Lasiba kemudian menghubungi Muhammad Nur, Kepala Desa Malimpung yang selanjutnya menghubungi pihak PTPS dan Panwascam. Dari hasil itu, Panwascam mengamankan uang sebesar Rp. 280.000.

Pada Pasal 187A ayat (1), Undang-Undang tentang Pilkada diatur, setiap orang yang sengaja memberi uang atau materi sebagai imbalan untuk memengaruhi pemilih maka orang tersebut dipidana penjara paling singkat 36 bulan dan paling lama 72 bulan, plus denda paling sedikit Rp 200 juta hingga maksimal Rp 1 miliar.

Pada Pasal 187A ayat (2), diatur ketentuan pidana yang sama diterapkan kepada pemilih yang dengan sengaja melakukan perbuatan melawan hukum, menerima pemberian atau janji sebagaimana dimaksud pada ayat (1).

No ratings yet.

Please rate this