Beranda Politik
Follow

Pasangan Capres Prabowo-Sandi Menang di 19 Kabupaten/Kota di Sulsel

0

MAKASSAR, Polhukam.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulsel akhirnya merampungkan rekapitulasi tingkat provinsi untuk Pilpres. Penuntasan rekap ini sempat tertunda beberapa kali setelah dua daerah, Gowa dan Makassar yang lambat memasukkan rekap tingkat kabupaten/kota.

Hasilnya, pasangan Capres 02 Prabowo-Sandi menang di 19 kabupaten/kota, sedangkan pasangan Capres 01 Jokowi-Amin hanya menang di 5 kabupaten. Secara keseluruhan, pasangan Prabowo-Sandi unggul dari Jokowi-Amin di Sulsel.

Jika dirinci, Jokowi hanya memenangkan suara rakyat di Kabupaten Soppeng, Wajo, Bone, Tanah Toraja dan Toraja Utara. Sedangkan Prabowo justru menang di 19 kabupaten/kota, termasuk di Kota Makassar, daerah yang mantan Wali Kotanya yang berkali-kali berjanji memenangkan Jokowi.

Selain itu, Prabowo juga menang di Jeneponto. Pada Pemilu 2014, saat Jokowi berpasangan JK, Jeneponto menjadi satu-satunya daerah yang dimenangkan Prabowo di Sulsel.

Untuk perolehan suara, Jokowi-Amin mengumpulkan 2.117.591 suara. Sementara pasangan Prabowo-Sandi meraih 2.809.393 juta suara. Suara tidak 98.205 ribu suara. Selisih perolehan suara capres 01 dan 02 di Sulsel berkisar 700 ribu suara. Total suara sah di Sulsel sebanyak 4.926.984 suara dengan total jumlah suara di Sulsel 5.025.189 suara.

Baca Juga:  Gubernur Sulsel Mengadu ke Presiden PKS Bahwa Hak Angket Merupakan Pembunuhan Karakter

“Penghitungan suaranya sudah selesai, dan datanya dikirim ke Jakarta untuk rekap nasional,” kata Ketua KPU Sulsel, Misna M Attas usia rekapitulasi di Hotel Harper Makassar.

Dikatakan, KPU Sulsel dijadwalkan membacakan hasil rekap provinsi pada rekap nasional, Minggu hari ini, karena perolehan suara seluruh peserta Pemilu 2019 di Sulsel sudah ditetapkan.

“Sedangkan penentuan calon terpilih akan ditetapkan KPU,” katanya.

No ratings yet.

Please rate this