Beranda Sport
Follow

Satgas Mafia Sepak Bola Berhasil Menangkap Oknum yang Diduga Terlibat Skandal Pengaturan Skor

0
picture: alliance/dpa

Polhukam.id – Kinerja Tim Satuan Tugas Mafia Sepak Bola patut diapresiasi dan didukung. Baru sepekan dibentuk, Satgas sudah berhasil menangkap oknum yang diduga sebagai mafia bola.

Yang ditangkap adalah anggota Komite Eksekutif Persatuan Sepak Bola Indonesia (Exco PSSI) Johar Lin Eng. Penanggakapan Johar dilakukan pada pukul 10.12 WIB di areal kedatangan Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta Timur.

Alasan penangkapan karena Johar yang saat ini menjabat Ketua Asosiasi Provinsi PSSI Jawa Tengah Johar Lin Eng diduga terlibat skandal pengaturan skor laga sepak bola nasional Liga 3.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Argo Yuwono di Jakarta, membeberkan kronologi penangkapan Johar. Tim yang dipimpin oleh Inspektur Dua Polisi Elia Umboh sudah mengendus dugaan keterlibatan Johar.

Lalu tim terus melakukan pemantauan. Johar yang menumpang pesawat Citilink Nomor QG-122 dari Solo, Jawa Tengah menuju Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta tiba sekitar pukul 10.06 WIB. Tim yang sudah siap langsung mengamankan Johar.

Tindakan tim yang menangkap Johar bukan tanpa alasan. Menurut Argo, yang bersangkutan diduga terlibat dalam praktik pengaturan skor pertandingan sepakbola nasional Liga 3 2018. Dugaan dikuatkan oleh keterangan mantan Ketua Asprov PSSI Banjarnegara Budhi Sarwono.

Sebelumnya, Budhi dalam sebuah acara bincang-bincang yang disiarkan televisi nasional, mengaku pernah memberi Johar Rp 1,3 miliar untuk biaya pengaturan skor Liga 3 2018.

Johar belum memberi tanggapan ataupun klarifikasi mengenai alasan penangkapan maupun tudingan terhadap dirinya.

Sebelumnya, Mabes Polri dan Polda Metro Jaya membentuk Satgas Anti Mafia Bola guna mengusut dugaan pengaturan skor di sepakbola Indonesia. Satgas dipimpin oleh Hendro Pandowo dan Krishna Murti sebagai wakilnya. Satgas dibentuk sesuai dengan surat perintah bapak Kapolri nomor 3678 tanggal 21 Desember 2018.

No ratings yet.

Please rate this

Baca Juga:  PSM Resmikan Enam Rekrutan Barunya untuk Musim Liga 1 2019