Beranda Headline
Follow

Soal UKK Bermuatan Atta Halilintar, Ternyata Soalnya Dibuat Mandiri Oleh Pihak Sekolah

0

Polhukam.id – Heboh Atta Halilintar jadi soal ulangan naik kelas di SD, lihat pertanyaan-pertanyaannya. YouTuber Atta Halilintar jadi materi ulangan bagi murid SD.

Ada 5 soal terkait dengan YouTuber yang memiliki subscribers terbanyak di Asia Tenggara tersebut.

Warga Kota Serang, Provinsi Banten dihebohkan dengan munculnya nama Atta Halilintar di dalam soal Ulangan Kenaikan Kelas (UKK) sekolah dasar. Kertas soal UKK tersebut beredar luas di pesan WhatsApp hingga media sosial Facebook.

Dalam soal Bahasa Indonesia kelas V tersebut, nama Atta Halilintar dan profesinya menjadi topik utama yang dibahas. Terdapat lima pertanyaan yang berhubungan dengan Atta Halilintar.

Plt Kepala Dinas Pendidikan, Kota Serang, Wasis Dewanto mengaku sudah mengetahui adanya soal UKK bermuatan Atta Halilintar. Dia mengatakan, sudah menelpon Kepala Seksi Kurikulum Dinas Pendidikan Kota Serang untuk meminta penjelasan terkait soal UKK ini.

Dari penjelasan yang dia dapat, soal ujian tersebut muncul di salah satu sekolah dasar dan dibuat mandiri oleh pihak sekolah.

“Ini dibuat mandiri oleh sekolah, disusun oleh masing-masing guru, Dinas Pendidikan tidak pernah mengkondisikan dalam penyusunan soal UKK,” kata Wasis Dewanto di Kota Serang, Selasa (28/5/2019).

Wasis Dewanto menyayangkan munculnya nama Atta Halilintar di dalam soal kenaikan kelas SD. Kata dia, nama Atta Halilintar tidak relevan, lantaran tidak semua siswa kenal dengan Atta Halilintar.

Baca Juga:  DPR RI Telah Melemahkan dan Membunuh KPK

“Anak kelas lima belum tentu kenal, dan ini mengganggu pada saat anak itu mengerjakan soal,” ujar dia.

Dia memperkirakan, tidak ada motif tertentu yang dilakukan oleh si pembuat soal saat mencantumkan nama Atta Halilintar, apalagi ada sponsor terselubung.

“Hanya saja ini jadi catatan, jadi perbaikan saat membuat soal, apalagi kan anak-anak belum tentu semuanya, mengenal namanya Atta Halilintar, walaupun followers jutaan, 10 juta, belum tentu anak-anak itu paham,” kata dia.

Wasis Dewanto mengatakan, munculnya nama Atta di dalam soal UKK menjadi pelajaran kedepannya untuk hati-hati dalam membuat soal. Rencananya dia akan meminta kepada pengawas di sekolah-sekolah untuk membina guru-guru saat membuat soal secara mandiri untuk UKK dan ulangan harian.

 

No ratings yet.

Please rate this