Beranda Umum
Follow

Sosok Misterius ‘Udung’ Pada Sidang MK. Siapa Dia?

0

Polhukam.id – Nama Udung kerap disebut-disebut dalam sidang gugatan hasil Pilpres 2019 di Mahkamah Konstitusi, Rabu (19/6/2019), dengan agenda mendengarkan keterangan saksi.

Adalah Agus Maksum, saksi dari pihak Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno, yang menyebut nama tersebut. Dia mengatakan nama Udung tercantum dalam kartu tanda penduduk (KTP) invalid.

Agus Maksum memberikan contoh data KTP palsu atas nama Udung, warga Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Dalam sidang, Agus Maksum menyebut Udung memiliki 2 kode digit awal sebagai kode provinsi KTP yakni 1-0. Padahal, imbuh Agus Maksum, kode provinsi KTP diawali 1-1.

Udung pun diklaim Agus Maksum masuk dalam daftar pemilih tetap hasil perbaikan 2 (DPTHP). Agus Maksum meyakini bahwa nama Udung ini tidak ada di dunia nyata.

“Kami yakin (Udung) ini tidak ada di dunia nyata,” kata Agus Maksum.

Kepada Agus Maksum, Hakim MK Aswanto menanyakan dasar klaim memastikan adanya DPT beratasnamakan Udung.

Dalam data yang dilihat saksi, imbuh Agus Maksum, Udung memiliki nomor Kartu Kependudukan, tempat tanggal lahir, NIK, alamat hingga RT-RW termasuk lokasi memilih di TPS.

Baca Juga:  Kantor BPN Gowa Rawan Calo

Hakim bertanya, “Berarti ada di dunia nyata si Udung?” Agus Maksum pun menjawab tegas, “Tidak ada menurut saya.”

Pun hakim balik bertanya soal keyakinan saksi bahwa Udung pemilih fiktif. Kendati begitu, Agus Maksum menyebut polemiki pemilih fiktif akan dibuktikan dalam kesaksian berikut.

Namun, di tengah kesaksian lainnya, Agus Maksum mengubah keterangan soal sosok misterius Udung ini. Kesaksian itu berubah ketika Agus Maksum ditanya oleh Komisioner KPU Hasyim Ashari.

Kala itu, Hasyim menanyakan bagaimana Agus Maksum meyakini nama Udung nihil jika tak mengecek ke lapangan. Pun Hasyim bertanya apakah bisa diyakini data atas nama Udung itu digunakan buat pencoblosan. Nah, ketika itu, Agus Maksum menjawab tidak tahu.

Mendengar tidak konsistennya jawaban Agus Maksum, salah seorang hakim MK I Gede Dewa Palguna pun menyela. Dia pun menagih ketegasan dari Agus Maksum soal kesaksiannya.

“Jadi keterangan mana yang akan Anda gunakan yang harus dipegang oleh Mahkamah?” kata I Gede Dewa Palguna.

Pernyataan I Gede Dewa Palguna ini mengacu pada dua jawaban Agus Maksum: tidak ada Udung di dunia ini atau tidak tahu?

Baca Juga:  Ponsel yang Tak Terdaftar di Kemenperin Tak Lagi Bisa Dipakai

Menurut Agus Maksum, dirinya menggunakan jawaban ‘tidak tahu’ untuk menjawab pertanyaan terkait nama Udung digunakan di hari pencoblosan. Pun Palguna mencecar, mengembalikan pertanyaan soal keyakinan Agus tentang sosok Udung, tak ada di dunia ini atau tidak tahu.

Agus menjawab, “Tidak tahu.”

“Oke terima kasih,”

No ratings yet.

Please rate this