Beranda Hukum & Keamanan
Follow

Toraja Disebut Sebagai Daerah Darurat Korupsi

0
Ilustrasi

TORAJA, Polhukam.id – Toraja disebut sebagai daerah yang sudah darurat korupsi. Pernyataan tersebut dilontarkan massa Forum Mahasiswa Toraja (Format) saat menggelar aksi unjuk rasa di Mapolda Sulsel, Jumat (20/9/2019).

Banyaknya kasus dugaan korupsi di Toraja (Toraja Utara dan Tana Toraja) yang disebut mangendap di Polres Tana Toraja, bahkan sederat kasus tersebut sudah tidak ada tindaklanjutnya lagi.

Olehnya itu, Kapolda Sulsel yang baru, Irjen Pol Mas Guntus Laupe diminta untuk mengevaluasi kinerja Kapolres Tana Toraja AKBP Julianto P Sirait dan jajarannya.

“Kami meminta Bapak Kapolda untuk mengevaluasi kinerja Kapolres Tana Toraja karena Toraja merupakan daerah yang sudah darurat korupsi tapi sampai sekarang banyak kasus yang mandek di Polres Tana Toraja,” tegas Korlap Aksi, Muh Taufik.

Taufik menyebut beberapa kasus dugaan korupsi di Toraja yakni, kasus pembebasan lahan bandara Buntu Kunik Kabupaten Tana Toraja, proyek pengadaan baju olahraga di SKPD Lingkup Pemda Tana Toraja, proyek pembangunan jembatan kaca kawasan wisata relegi Buntu Burake, proyek pembangunan rekonstruksi Jalan Bittuang-Bolokan Kabupaten Tana Toraja, kasus dugaan korupsi pembangunan TPA Nanggala di Kabupaten Toraja Utara, dan kasus dugaan korupsi BPBD Tana Toraja.

Baca Juga:  Pengamat Politik: Moeldoko Serukan Kebencian Terhadap Islam

Format membeberkan beberapa kasus tersebut telah berproses dan masih mandek di Polda Sulsel hingga bertahun-tahun lamanya.

“Seperti kita ketahui bersama bahwa ada beberapa perkara kasus korupsi di Tana Toraja dan Toraja utara yang ditangani oleh Polda Sulsel sementara dalam proses penanganan, bahkan ada perkara kasus korupsi yang sudah terparkir di meja penyidik Krimsus selama bertahun-bertahun alias mangkrak,” beber Muh Taufik.

Ia menegaskan, bahwa sederet kasus yang mangkrak tersebut menjadi catatan buruk terhadap penegakan supremasi hukum di lingkup Polda Sulsel

“Namun hadirnya Kapolda baru dalam hal ini Irjen Pol Mas Guntur Laupe, tentunya membawa semangat dan harapan baru terhadap percepatan seluruh penanganan perkara kasus korupsi yang mangkrak di Sulawesi Selatan terkhusus Toraja sebagai salah satu daerah darurat korupsi,” harapnya.

Taufik berharap juga agar Kapolda Sulsel Irjen Pol Mas Guntur Laupe memberikan atensi khusus terhadap Toraja Utara dan Tana Toraja dalam mengawal setiap pembangunan dan penggunaan APBD, untuk menimalisir terjadinya kebocoran anggaran dan perampokan uang rakyat. (*)

No ratings yet.

Please rate this