Astra Financial Terus Memperkuat Ekosistem Keuangan yang Terintegrasi Secara Digital

- Kamis, 23 Juni 2022 | 14:00 WIB
Astra Financial Terus Memperkuat Ekosistem Keuangan yang Terintegrasi Secara Digital

Peningkatan mobilitas masyarakat membuat permintaan terhadap produk otomotif dan layanan keuangan dari Astra mengalami peningkatan. Hal tersebut tercermin dari pertumbuhan aset Astra Financial yang meningkat menjadi Rp142 triliun di kuartal pertama yang berakhir di 31 Maret 2022 dari Rp135 triliun pada 31 Desember 2021. Selain itu, Astra Financial mencetak pertumbuhan laba sebesar 50% menjadi Rp1,5 triliun dibandingkan kuartal pertama tahun 2021 senilai Rp985 miliar.

Baca Juga: Genggam Saham RS Hermina, Astra International Serius Bidik Sektor Kesehatan

Astra Financial adalah divisi jasa keuangan Astra yang terdiri dari perusahaan pembiayaan roda empat: PT Astra Sedaya Finance (ACC) dan PT Toyota Astra Finance (TAF), pembiayaan roda dua: PT Federal International Finance (FIFGROUP), pembiayaan alat berat: PT Surya Artha Nusantara Finance (SANF) dan PT Komatsu Astra Finance (KAF), Asuransi: PT Asuransi Astra Buana (Asuransi Astra) dan PT Asuransi Jiwa Astra (Astra Life), Dana Pensiun Astra (DPA), PT Astra Mitra Ventura (Astra Ventura), PT Astra Welab Digital Arta (MAUCASH), PT Astra Kreasi Digital (MOXA), PT Astra Digital Arta (AstraPay), dan PT Astra Auto Digital (SEVA).

Peningkatan performa bisnis 31 Maret 2022 (dibandingkan periode yang sama tahun lalu) tersebut didukung oleh peningkatan nilai pembiayaan di beberapa perusahaan di dalam Astra Financial, antara lain:

Baca Juga: Aruna Gandeng Astra Kembangkan Potensi Perikanan di Papua

Sejalan dengan perkembangan ekonomi di masa pandemi ini, sektor financial technology (fintech) mulai memberi kontribusi bertahap. Bidang layanan keuangan Astra Financial juga telah melangkah ke sektor ini, bahkan sebelum pandemi, seperti brand MAUCASH, MOXA, AstraPay dan SEVA yang mengusung finance first car discovery. Sampai dengan Mei 2022, AstraPay telah mencapai 5 juta registered user dan GTV sebesar Rp11,3 triliun. Di sisi lain, Maucash sudah menyalurkan pinjaman lebih dari Rp3,2 triliun kepada 1,18 juta borrower.

Moxa saat ini sudah memiliki 1,78 juta registered user dengan jumlah GMV mencapai 579 miliar. Hal ini tercapai dengan optimalisasi ekosistem Astra untuk memberikan layanan yang terbaik kepada pengguna jasa keuangan Astra Financial.

"Kami bersyukur semakin membaiknya pengelolaan pandemi telah berdampak kepada pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini berpengaruh positif terhadap bisnis Astra Financial di kuartal pertama 2022. Kondisi ini tentunya akan menjadi semangat bagi kami untuk terus berinovasi dan memberikan layanan keuangan yang prima kepada masyarakat," ucap Suparno Djasmin, Director in Charge Astra Financial, dalam keterangan tertulis yang diterima, Kamis (23/6/2022).

Baca Juga: Perbaiki Lingkungan di Samosir, Astra Lakukan Penanaman Pohon dan Pemasangan Solar Panel

Astra Financial Keempat Kalinya Menjadi Sponsor Utama GIIAS

Komitmen Astra Financial untuk mendukung industri otomotif di Indonesia telah diimplementasikan dengan menjadi sponsor utama Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 untuk keempat kalinya, yaitu mulai tahun 2018, 2019, kemudian 2020 kosong, dan terakhir di 2021 lalu.

"Tahun ini, kami keempat kalinya kembali menjadi sponsor utama GIIAS 2022, yaitu di Jakarta pada tanggal 11-21 Agustus 2022, Surabaya (14-18 September 2022) dan Medan (5-9 Oktober 2022)," ungkap Suparno.

Lebih lanjut, Suparno Djasmin mengutip data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) menyatakan bahwa penjualan mobil secara nasional pada kuartal pertama 2022 bertumbuh sebesar 41%, yaitu dari 187.026 unit menjadi 263.822 unit.

Halaman:

Komentar

Terpopuler