Gridoto - Kawasaki KLX150SM mengusung mesin 1 silinder 144 cc SOHC 2 katup dengan pendingin udara.
Selain konstruksi mesinnya sederhana, sistem pengabut bahan bakarnya juga masih menggunakan karburator.
Rasio kompresi mesin KLX150SM pun terbilang rendah hanya 9,5:1.
Namun, ternyata KMI (Kawasaki Motor Indonesia) merekomendasikan penggunaan bahan bakar dengan kandungan oktan minimal 91, seperti tertera di label yang ada di tangki.
Makanya sepanjang pengetesan, kami menggunakan bensin RON 92. Nah berapa konsumsi rata-ratanya?
Diukur pakai metode full to full dilakukan sebanyak 3 kali kemudian diambil rata-rata, ternyata dapat 34 km/liter! Cukup irit untuk motor dengan karburator.
Selain itu angka tadi juga lebih irit dibanding KLX150 SE yang hanya 32,3 km/liter.
Kenapa bisa begitu? Tentu lagi-lagi ada hubungannya dengan final gear yang lebih berat.
Baca Juga: Mesin Masih Sama, Begini Performa dan Konsumsi Bensin Kawasaki KLX150 S versi 2023
Dalam kecepatan yang sama, putaran mesin KLX150SM lebih rendah.
Untuk penggunaan harian putaran mesinnya lebih jarang sampai mentok alias redline, beda dengan versi trail.
Dengan kapasitas tangki 6,9 liter, sekali isi penuh berarti bisa untuk menempuh jarak sekitar 234,6 km.
Atau kira-kira dari Jakarta sampai Garut lewat Puncak. Lumayan jauh ya!
Tinggal kuat-kuatin bokong saja sob, bawa turing KLX150SM dengan jarak jauh hehe.
Copyright Gridoto 2023
Related Article
Motor Baru Kawasaki KLX150 SM Punya Dua Tipe, Apa Perbedaanya? Harga Naik Tipis, Intip Perbedaan Kawasaki D-Tracker 150 dan KLX150 SM Keren! Yuk Lihat Detail Motor Baru Kawasaki KLX150 SM Dari DekatSumber: gridoto.com
Artikel Terkait
[ANALISIS] Peringatan Keras Panglima TNI Untuk Prajurit Aktif Rangkap Jabatan
Jokowi Diminta Sembunyi Dulu 5 Tahun
Tegas! Dikontak Pertamina, Fitra Eri Tolak Tawaran untuk Bantah Isu Pertamax Oplosan
Intip Dua Sosok Istri Tersangka Mega Korupsi Minyak Mentah, Langsung Gembok Akun Medsos