Layanan Customer Service Dominasi Penggunaan Chatbot

- Selasa, 31 Mei 2022 | 17:00 WIB
Layanan Customer Service Dominasi Penggunaan Chatbot

Kata.ai perusahaan kecerdasan artifisial yang berfokus pada pengembangan teknologi AICX (artificial intelligence customer experience) menyoroti semangat pelaku industri untuk membangun pemulihan ekonomi berbasis efisiensi bisnis lewat teknologi chatbot.

Dalam acara media gathering “Kiprah Chatbot Dorong Digitalisasi Industri Dalam Negeri” yang diadakan Kata.ai bersama Qiscus, Pegadaian, Taco Group membahas kelebihan chatbot yang dapat dioperasikan selama 24 jam 7 hari seminggu serta mampu melayani konsumen 100% secara real time dengan teknologi natural language processing yang diciptakan senatural percakapan masyarakat sehari-hari. 

Irzan Raditya, CEO & Co-Founder Kata.ai menyampaikan serapan industri Indonesia terhadap chatbot terlihat semakin terakselerasi, menyasar banyak pada berbagai fokus namun penerapan yang kami temukan didominasi oleh customer service sebanyak 71% diikuti oleh asisten virtual sebesar 12%.

Hal ini terlihat dari rerata industri di Indonesia yang mampu mengolah 20.000 sampai 30.000 pengguna aktif setiap bulannya, dengan contoh chatbot IM3 milik Indosat Ooredoo Hutchison merupakan salah satu chatbot tersibuk dengan melayani 46.000 user setiap harinya dengan total pengguna aktif yang mencapai 1,000,000 per bulannya.

Di awal tahun 2022 ini Kata.ai sendiri mampu meraih catatan positif dengan pertumbuhan bisnis YoY yang tumbuh sebesar 80% serta peningkatan pengguna aktif sebesar 170% dan peningkatan 2x lipat growth conversations pada semua lini chatbot yang diproduksi terhadap lebih dari 150 bisnis yang dibantu oleh Kata.ai.

Peningkatan ini juga didukung oleh kondisi pandemi yang menjadikan teknologi chatbot sebagai alternatif solusi bisnis dalam melayani konsumen di beragam medium.

Qiscus perusahaan teknologi penyedia platform customer engagement yang berfokus pada omnichannel melihat chatbot sebagai teknologi yang tepat untuk melayani konsumen lintas medium.

CEO Qiscus, Delta Purna Widyangga mengatakan integrasi omnichannel sebagai touchpoint konsumen dalam berinteraksi dengan bisnis pun kini tumbuh secara eksponensial dikarenakan konsumen memiliki preferensi yang semakin luas. 

Halaman:

Komentar

Terpopuler