POLHUKAM.ID - Seorang konsumen mengunggah temuan galon air mineral yang baru dibelinya dan masih tersegel, tetapi di dalamnya terdapat jentik-jentik hitam.
Temuan itu diunggah username TikTok @mr..lucky.luck, video galon Aqua jentik hitam, diunggah pada Selasa (9/4). Lucky juga menyebutkan nomor seri galon Aqua yang masih tersegel, dengan nomor 250626CBIC11.
Pada kolom deskripsi, Lucky menuliskan pesan, "Mohon pihak Aqua bisa konfirmasi kenapa bisa begini? Netizen please bantu share. Sampai dapat kejelasannya," tulisnya.
Pada video itu Lucky mengatakan, dia membeli galon Aqua tersegel, tapi di dalamnya seperti ada ini (jentik hitam).
"Saya tidak mengerti kok seperti begini. Padahal ini air kan untuk konsumsi ya, tapi ada jentik-jentik ini. Saya tidak rekayasa, ini kejadian benar apa adanya. Saya juga ngomong sama penjual galonnya, apakah ini bisa ditukar atau seperti apa. Saya nggak tahu ini seperti apa. Kalau seandainya saya tidak cek tidak lihat, ini bahaya kalau masuk ke tubuh," katanya.
Dikutip dari Kantor Berita RMOLJatim, Selasa (16/7), Lucky juga mempertanyakan kandungan jentik-jentik hitam tersebut dan meminta agar pihak Aqua lebih teliti dan mengklarifikasi.
Tak ayal, video tersebut langsung viral. Hingga Senin (15/7) video itu telah ditonton 7,4 juta. Beragam komentar pun bermunculan dari warganet.
Sementara pada Minggu (14/7), Lucky kembali mengunggah videonya dan meminta jawaban terperinci dari perusahaan, karena sejauh ini ia belum menerima informasi mengenai bagaimana kontaminasi tersebut bisa terjadi.
"Saya ingin penjelasan yang solutif dari Aqua. Masalahnya di mana, karena nomor batch pada segel dan galonnya sama," ungkap Lucky.
Lucky juga menambahkan, dia telah melaporkan masalah tersebut kepada tim Sehat Aqua, yang menanggapinya dengan menghubunginya sebanyak empat kali. Namun sejauh ini belum mendapat penjelasan rinci atas alasan kenapa munculnya jentik hitam tersebut.
"Tidak ada surat resmi, hanya telepon saja," katanya.
Dia juga tetap membuka diri, siap menerima kunjungan dari perwakilan Aqua untuk memeriksa galon tersebut dan memberikan penjelasan mendalam, namun dia menegaskan bahwa produk tersebut sebaiknya tidak hanya ditarik atau diganti.
Lucky menjelaskan bahwa videonya tidak dimaksudkan untuk merusak reputasi Aqua. Dia percaya Aqua yang dikenal dengan kualitas air minumnya, bisa memberikan solusi yang konstruktif terkait masalah ini.
"Saya jujur dan transparan. Saya tidak ada niat untuk merusak merek. Sebagai pelanggan lama, saya tidak mendapatkan apa-apa dari ini," tegas Lucky.
Dia menyebut bahwa videonya tersebut untuk pendidikan masyarakat, agar konsumen agar lebih berhati-hati saat membeli produk kemasan, teliti dalam memeriksa produk sebelum membeli untuk menghindari keluhan di masa mendatang.
Artikel Terkait
Masa Kecil Jokowi di Kampung Palu Arit: Fakta Mengejutkan yang Diungkap Warga Solo
Keluarga Dina Oktaviani: Heryanto Rencanakan Pembunuhan dan Pelecehan, Harus Dihukum Mati!
Prabowo Gebuk Jokowi? Posisi Purbaya dan Isu Geng Solo di Mata Pengamat
Siapa yang Harus Bertanggung Jawab atas Utang Kereta Cepat Indonesia?