E-commerce adalah media untuk transaksi pembelian dan penjualan barang secara elektronik atau online. Ada banyak pilihan platform e-commerce untuk para seller, tapi mana yang terbaik bagi pertumbuhan bisnis?
Rekomendasi Platform E-Commerce di Indonesia
Saat ini pemilik usaha kecil dan menengah harus mempertimbangkan untuk menerapkan teknologi dan berbagai pendekatan strategi pemasaran digital untuk integrasi yang efisien dan memberikan ruang untuk ekspansi di masa depan.
Beberapa platform e-commerce memberikan fasilitas untuk menunjang proses bisnis online para seller, di antaranya:
1. SIRCLO
SIRCLO adalah sebuah perusahaan teknologi yang bergerak di bidang solusi e-commerce untuk membantu merek kecil, menengah, dan perusahaan untuk menjual produk dan layanannya secara online.
SIRCLO menawarkan 2 kategori jualan online, yaitu solusi Entrepreneur (wirausaha) dan Enterprise (perusahaan). Kategori Entrepreneur adalah toko online UMKM untuk berjualan di beberapa platform seperti website, marketplace, dan chat commerce.
Sedangkan kategori Enterprise adalah layanan e-commerce enabler melalui SIRCLO Commerce dan solusi pengembangan teknologi omnichannel melalui ICUBE by SIRCLO.
Berdiri sejak tahun 2013, SIRCLO telah melayani lebih dari 100.000 brands untuk mengembangkan bisnis online mereka.
2. GoStore
GoStore adalah platform e-commerce dari GoJek yang didukung oleh Moka yang berdiri sejak 2020. GoStore menyediakan layanan dan fasilitas untuk membuat situs jualan online pribadi yang terhubung dengan jutaan pengguna media sosial.
Seller juga bisa memantau seluruh aktivitas bisnis harian yang terekam secara otomatis dan dapat diakses melalui melalui Back Office Moka, seperti cek laporan penjualan, ketersediaan stok, data pelanggan, hingga mengatur promosi toko sendiri.
Salah satu tujuan GoStore adalah untuk memudahkan pebisnis berbagai skala untuk membuat website toko online dan memungkinkan pelanggan untuk checkout transaksi dari berbagai channel penjualan online melalui GoStore.
3. Shopify
Shopify Inc. adalah perusahaan e-commerce multinasional asal Kanada yang sudah digunakan di 175 negara dan telah menghasilkan lebih dari $496 miliar USD dalam penjualan menggunakan Shopify.
Shopify Indonesia resmi rilis pada 2013, memberikan layanan pembuatan toko online yang mudah dan lengkap.
Di Shopify, seller tidak perlu mengurus hal teknis seperti setting website atau mengurus kecepatan server karena sudah menggunakan built-in website builder siap pakai.
Harga membuat website toko online di Shopify mulai dari $29 atau sekitar Rp430 ribu rupiah per bulan dalam paket Basic Shopify.
4. Ecwid
Artikel Terkait
Anwar Usman Bisa Saja Menyesal Karir Hancur Gegara Gibran
VIRAL Beredar Foto MABA Fakultas Kehutanan UGM 1980, Tak Ada Potret Jokowi?
Gibran dan Dua Rekannya Ditangkap Polisi terkait Dugaan Penggelapan Duit Rp 15 Miliar
Kejagung Sita Rupiah-Mata Uang Asing Riza Chalid