Perusahaan berlomba menjadi pelabuhan karier bagi para job seekers yang kini didominasi generasi milenial.
Di sisi lain, menjadi employer of choice tidak cukup hanya dengan menyediakan gaji dan benefit yang menggiurkan. Perusahaan juga dituntut lebih memperhatikan kondisi well-being karyawan dan aspek humanis lainnya.
Maklum, kaum milenial ini cenderung tidak ingin terikat bekerja kantoran dari jam 09.00 -17.00, suka bekerja mobile di mana saja, digital savvy dan lainnya. Intinya, pola kerja milenial berbeda dengan generasi sebelumnya seperti Gen X atau Gen Y.
Menyikapi perkembangan itu, Majalah SWA dan Korn Ferry mengadakan survei dengan tema ‘Employer of Choice (EOC) 2021’ pada Oktober 2021-Februari 2022. Riset tersebut adalah agenda dua tahunan, dan tahun 2022 ini merupakan survei EOC yang ke-8.
Metode survei dilakukan 80% dengan tatap muka dan 20% melalui surat elektronik (e-mail)/telepon. Adapun untuk tempat survei, 1.628 responden (33%) berasal dari Jabodetabek. Dan, sebanyak 3.257 responden lagi dari luar Jabodetabek: 24% dari Bandung, 21% dari Jawa Tengah dan Yogyakarta, serta 22% dari Jawa Timur.
“Sebagaimana survei-survei tahun sebelumnya sebelumnya, survei ini bertujuan memotret perusahaan dari dua variabel utama, yaitu kemampuan perusahaan menciptakan engagement dan enablement. Setiap variabel memiliki 6 dimensi sehingga secara keseluruhan mencakup 12 dimensi,” jelas Kemal E. Gani Group Chief Editor SWA Media di Jakarta (19/5/2022).
Peserta survei EOC 2021 ada 21 perusahaan yang mengizinkan karyawannya disurvei untuk menilai pelaksanaan 12 dimensi tersebut. Responden diminta memberikan penilaian berdasarkan pengalaman selama mereka bekerja di perusahaan masing-masing.
Yang menjadi responden survei adalah karyawan mulai dari level staf hingga satu lapis di bawah direksi. Dalam pelaksanaannya, karyawan diundang untuk menjawab pertanyaan survei melalui surat elektronik.
Dalam Job Seeker Survey 2022 ini juga ditampilkan Respons Khusus Mahasiswa dengan menjaring 4.000 responden mahasiswa yang menghasilkan Top 10 Best Industry, Top 10 Best Workplace (Top of Mind), dan Top 10 Best Workplace (KF Participants). Ketiga kategori tersebut kemudian dirinci berdasarkan universitas tempat para mahasiswa (responden) kuliah.
Selain itu, ditampilkan pula hasil survei Respons Khusus Karyawan yang menjaring 885 responden karyawan yang menghasilkan Top 10 Best Industry, Top 10 Best Workplace (Top of Mind), dan Top 10 Best Workplace (KF Participants).
Artikel Terkait
Anwar Usman Bisa Saja Menyesal Karir Hancur Gegara Gibran
VIRAL Beredar Foto MABA Fakultas Kehutanan UGM 1980, Tak Ada Potret Jokowi?
Gibran dan Dua Rekannya Ditangkap Polisi terkait Dugaan Penggelapan Duit Rp 15 Miliar
Kejagung Sita Rupiah-Mata Uang Asing Riza Chalid