Media sosial adalah teknologi interaktif yang memungkinkan penciptaan, berbagi/pertukaran informasi, ide, minat, karier, dan bentuk ekspresi lainnya melalui komunitas dan jaringan virtual. Masyarakat sekarang ini kerap menggunakan media sosial untuk meraih cuan atau keuntungan.
Setiap kesuksesan yang diraih tentu tidak hanyak mendapat apresiasi. Sejumlah orang kerap nyinyir atau iri sehingga meyampaikan komentar negatif pada akun media sosial penjual. CEO and Founder of Coffee Meets Stocks, Theo Derick, punya dua cara mengatasi situasi ini.
Menurut Theo, ada dua situasi yang dihadapi penjual. "Pertama orang yang nyinyir, tapi tidak sampai menggiring opini dan orang yang memang nyinyir sehingga menggiring opini," ujarnya saat Webinar Makin Cakap Digital 2022, Selasa (22/6).
Penanganan kedua situasi ini berbeda. Theo menjelaskan, penjual bisa membalasnya dengan respons positif dan apresiasi kepada orang yang nyinyir tanpa menggiring opini. Langkah ini juga dilakukannya ketika mengembangkan Coffee Meets Stocks.
"Orang lain bisa lihat dan membedakan mana yang negatif dan positif. Feedback kita nantinya justru menjadi penilaian lebih. Cara ini sudah saya terapkan, ternyata follower saya banyak yang memperhatikannya," kata Theo.
Sebaliknya, penjual tidak perlu ragu bersikap tegas menghadapi komentar negatif dan provokatif dari orang yang nyinyir atas keberhasilannya. Penjual bisa langsung menghapus atau bahkan melakukan blok kepada akun tersebut.
Artikel Terkait
Anwar Usman Bisa Saja Menyesal Karir Hancur Gegara Gibran
VIRAL Beredar Foto MABA Fakultas Kehutanan UGM 1980, Tak Ada Potret Jokowi?
Gibran dan Dua Rekannya Ditangkap Polisi terkait Dugaan Penggelapan Duit Rp 15 Miliar
Kejagung Sita Rupiah-Mata Uang Asing Riza Chalid